Wow! Sekolah di 4 Negara Ini Punya Aturan Unik

Unik, suarasiantar.com – Nggak hanya menu sarapan di berbagai dunia yang punya keunikan tersendiri. Negara-negara berikut ini justru punya aturan sekolah yang nggak kalah unik dan lucu. Seperti apa sih, keunikannya?

Jepang

Tahukah kalau Jepang punya aturan unik tentang tas sekolah? Itu lho, tas kotak yang biasa dibawa anak-anak sekolah di Jepang.

Tas itu bernama randoseru.

Buat siswa yang bersekolah di Jepang, randoseru wajib dipakai. Untuk siswa laki-laki, warna tas yang biasa dipakai adalah biru dan hitam, sedangkan siswa perempuan bisa memilih tas randoseru berwarna-warni. Tas ini juga mahal, lho. Harganya sekitar 3.000 Yen atau setara dengan Rp3,6 Juta.

Meski cukup pricey, randoseru sangat kuat dan awet, sehingga bisa dipakai bertahun-tahun.

 

Finlandia

Di Finlandia, siswa hanya menghabiskan waktu di sekolah sekitar 4-5 jam sehari. Uniknya, waktu tersebut sudah termasuk jam istirahat, lho. Aturan ini digunakan dalam sistem pendidikan SMP dan SMA. Di samping itu, mereka datang ke sekolah hanya sesuai jadwal pelajaran yang mirip sistem kuliah.

Tak hanya itu, Finlandia juga memiliki aturan nggak ada PR dan Ujian Nasional. Semua penilaian tergantung pada gurunya. Makanya, guru di Finlandia harus bergelar master karena mereka lah yang tahu kemampuan muridnya sendiri.

 

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

News Feed