SMK TELADAN; SMK Bisa, SMK Hebat, Siap Kerja, Santun, Mandiri, Kreatif.

by -502 views
Siswa dan Siswi SMK Swasta YP Teladan Pematangsiantar (Raen/suarasiantar.com)

Dibalik Sejarah SMK Teladan Siantar Penuh Prestasi  Oleh; Raen Yoes

MANURUNG ‘PAR CENGKEH’ BANGUN SEKOLAH

Drs, M. Manurung (ist/suarasiantar.com)

Ada yang unik terkat sejarahnya berdirinya SMK Swasta Teladan Kota Pematangsiantar. Selain berkat kerja sama di antara sesama guru SMEA Nageri (Sekarang-SMK Negeri I) Jalan Bali, Kota Pematangsiantar tahun 1979, Juga berkat jerih payah dari pemilik Yayasan Pendidikan Teladan,

Drs M. Manurung yang mana disebut sebagai Manurung “Par Cengkeh” ceritanya, Drs. Manurung kelahiran 1938 melirik bahwa sekolah kejuruan merupakan sekolah yang sangat strategis didirikan untuk mendukung generasi muda siap pake dalam mengisi berbagai lowongan kerja di perkantoran dan sektor prekonomian.

Sekolah Swasta YP Teladan Pematangsiantar (ist/suarasiantar.com)

Waktu mendirikan SMK Swasta Teladan, 80 persen guru SMEA Negeri I mendukung. Setelah segala surat menyurat selesai dan ada akte pendirian, Manurung membeli lahan berisi pohon cengkeh diKelurahan Bah Kapul yang waktu itu kurang subur.

Tapi, setelah dikelola dengan baik, hasil panen cengkehnya ternyata bagus dan waktu itu harganya lumayan dari situlah modal saya mengembangkan sekolah ini. Karenanya, banyak menyebut saya Manurung Par Cengkeh beber Manurung tersenyum mengingat masa lalu

Cengkeh yang dihasilkan menurut Manurung mampu membayar pinjaman sebesar Rp,15 Juta untuk membangun lima kelas. Sedangkan gaji guru waktu itu tergolong tinggi dibanding guru di sekolah swasta lain, Setelah sukses membangun 5 kelas, tahun ke II tambah lagi menjadi 8 kelas. Tahun ke III menjadi 21 kelas dan buka pagi, serta sore hari menjadi 27 kelas.

TNI Rindam I BB memberikan arahan kepada Siswa-siswi YP Teladan. (ist/suarasiantar.com)

Bahkan, SMK Swasta Teladan saat itu merupakan sekolah kejuruan yang mamiliki siswa terbanyak di Indonesia. Hal yang membuat Manurung juga bangga, kepada siswa dan siswinya menjadi siswa yang berkualitas yang pernah diajarinya semasa SMK Negeri I malah banyak menjadi guru di SMK Swasta Teladan. Salah seorang di antaranya adalah Kepala Sekolah SMK Sudarlian S.Pd, MSi.

“Kedepannya, persaingan sekolah swasta semangkin sulit karena sekolah negeri bertambah untuk itu, kualitas sekolah harus terus dtingkatkan dan saya optimis masyarakat atau para orang tua tetap menjadikan SMK sebagat altermatif untuk menempah anaknya supaya mudah memperoleh pekerjaan meski tidak harus kuliah,” jelas Manurung. (*)

GURU DAN SISWA MAMPU MERAIH PRESTASI

SMK Swasta Teladan Siantar Penuh Prestasi (Raen/suarasiantar.com)

Sekolah berkualitas tidak saja di dukung sarana prasana tapi, para tenaga pengajar wajib mengikuti perkembangan zaman. Para siswa berhasil meraih prestasi serta produktif mengisi lapangan kerja agar tidak menjadi pengangguran.

Berkaitan dengan isu SMK Swasta Teladan yang berdiri sejak 1983 di jalan Singosari No.3 Kelurahan Bantan, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar berhasil mewujudkannya. Dengan slogan “SMK Bisa ! Siap Kerja, Santun, Mandiri, Kreatif”

SMK Swasta Teladan memiliki 5 Paket Keahlian Admnistrasi Perkantoran, Pemasaran, Marketing, Akuntansi, Komputer Rekayasa lunak dan Teknik Komputer Jaringan yang akreditasi keseluruhannya “Amat Baik”

Visi: Menjadi lembaga pendidikan dan lahan profesional untuk menyiapkan tenaga kerja terampil tingkat menengah, berdsiplin, mandiri, berwawasan bisnis, beriman dan bertagwa, serta mampu bersaing di era global.

Misi: Membangun dan memberdayakan potensi yang ada sehingga lulusan memiliki jati diri bangsa dan kompetatif.

Siswa-siswi SMK Swasta Teladan Pematangsiantar berhasil membawa kembali piala bergilir (Raen/suarasiantar.com)

Mengembangkan kerjasama dengan dunia usaha, dunia Industri, dan berbagai, lembaga terkait yang membangun dan mengembangkan jiwa kewirausahaan dan Mendorong siswa meraih prestasi dibidang akademik maupun non akademik.

Untuk mewujudkan visi dan misi, SMK Swasta Teladan menyediakan berbagai fasilitas seperti, laboratorium Komputer, Wifie Zone, Bank Mini, Unit Produksi, Perpustakaan, Musholla dan lapangan Olahraga.

Terkait Bank Mini beroperasi setiap hari Rabu dan Jumat, merupakan fasilitas untuk para siswa Paket Keahlian Akuntansi berpraktek perbankan khusus transaksi setoran simpanan tabungan pelajar bekerjasama dengan CIMB Niaga. Keunggulan tabungan ini penabung tidak dikenakan biaya administrasi dan dilengkapi ATM.

“CIMB Niaga sendiri sudah menyalurkan dana Corporate Social Respon Sibility (CSR) kepada kita,” kata kepala SMK Swasta Teladan, Sudarlian S.Pd, M.Si.

Siswa SMK YP Teladan berprestasi di FLS2N 2018 (Raen/suarasiantar.com)

Selain dengan CIMB Niaga ada kerjasama lain dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. khususnya untuk program Alfamart Class. Selain itu, dengan berbagai perusahaan seperti PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk, AMIK dan STIKOM Tunas Bangsa, PT. Indosat, PT. Asuransi Jiwas raya, Suzuya Dept Store, Metro Swalayan dan perusahaan multi nasional lainnya.

“Dalam jangka panjang kami sangat berharap dapat menambah dunia usaha/dunia industri yang menjadi institusi pasangan tentunya dilengkapi dengan legalitasnya yakni Memorandum of Under-standing (MoU) dan secara berangsur-angsur melalui kemitraan dunia usaha/dunia industri ini SMK Swasta Teladan Pematangsiantar dapat mengadopsi sistem nilai yang ada di dunia usaha/dunia industri,” beber Sudarlian S.Pd, MSi.

Selanjutnya, dapat diterapkan di sekotah sehingga, ketika Siswa tamat siap terjun kedunia kerja. Khusus kerjasama dengan PT. Sayap Mas Utama (Wings Group) setiap tahun dilakukan rekruitmen

SMK BERBAGAI PRESTASI

Siswa SMK Swasta Teladan Siantar terima Piala bergilir di kejuaraan Olympiade Akuntansi tingkat Provinsi SUMUT (ist/suarasiantar.com)

Kalau soal prestasi para guru, bukan saja menyabet prestasi tingkat propinsi, sejumlah prestasi tingkat nasional. diantaranya, seperti diklat Kompetensi Guru yang diselenggarakan P4TK Sawangan Jakarta dan yang terakhir beberapa guru juga mampu berprestasi diajang Uji Kompetensi Guru (UKG).

Seluruh prestasi itu tidak saja diperoleh berkat kesungguhan para guru untuk mensejajarkan kemampuan dengan para guru dibanyak kota besar di pulau Jawa. Tetap juga tidak lepas dari dorongan pihak yayasan yang memberi motivasi bahwa guru di daerah khususnya dari SMK Swasta Teladan Kota Pematangsiantar juga bisa!

Siswa-Siswi SMK Swasta YP Teladan berprestasi di O2SN .(Raen/suarasiantar.com)

Kemudian, berbagai event yang menyertakan siswa tidak kalah meriah dalam meraih prestasi tingkat nasional apalagi tingkat propinsi. diantaranya, meraih prestasi dalam ajang LKS, 02SN, OSTN FLS2N Anugerah Ki Hajar Nasional dan Olimpiade Akuntansi yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (*)

PROGRAM ALFAMART CLASS SIAP KERJA

Piagam Kerjasama Program Pendidikan Manajemen Ritel-Alfamart Class Oleh Branch Manager PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk kepada Ka SMK Swasta Teladan (ist/suarasiantar.com)

Program Alfa-mart Class merupakan program kerja sama antara PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. (PT.SAT, Tbk.) dengan SMK Swasta Teladan Pematangsiantar, untuk mendidik siswa menjadi lulusan yang dapat langsung siap bekerja dan diterima di PT. SAT, Tbk.

Untuk menempati posisi jabatan sesuai dengan kebutuhan PT SAT, Tbk. berdasarkan profil kompetensi yang telah disepakati bersama. Program ini didesain khusus menggunakan kurikulum yang spesifik disesuaikan dengan kebutuhan PT. SAT, Tbk.

Keunggulannya, setelah lulus dan jika memenuhi kriteria dapat bekerja dan langsung diterima menjadi karyawan di lingkungan PT. SAT, Tbk. dan saat ini PT. SAT telah menghibahkan Bisnis Center sebagai tempat praktik bisnis ritel bagi siswa paket keahlian pemasaran dan program ini sekaligus sebagal cikal bakal “Teaching Fac-tory” dicanangkan oleh DIrektorat Pembinaan SMK.

Kerjasama SMK Swasta Teladan Siantar di Program Pendidikan Manajemen Ritel Alfamart Class (ist/suarasiantar.com)

Untuk masuk menjadl Program Alfamart yang dibina pada kelas khusus, siswa harus mengikuti seleksi Kemudian melakukan praktek di Kantor cabang Medan dengan tenaga pengajar profesional dibidang bisnis dan program tersebut memasuki tahun kedua.

Menurut siswa yang mengikuti program tersebut, banyak hal yang selama inl tidak mereka ketaui menjadi mengerti saat melakukan praktek mulai dari strategi pemasaran, pemasaran online, analisa riset pasar sampai penguasaan pasar. Seperti yang disampaikan Fahri Setyawan, Kiki Julian, Rimmadi Koko dan Risfanny Ginting adalah sebagian dari siswa Alfa-mart Class. “Kita bangga kalau tamat sekolah bisa langsung kerja,” kata mereka.

Sementara, untuk masuk Alfamart Class harus testing Terkait dengan kurikulum, sudah dipersiapkan dari para guru untuk disinkronkan dengan kurikulum yang dibuat Alfamart yang sejalan dengan kurikulum nasional,” kata Pitta Emma Sitorus selaku wakasek kurikulum SMK Swasta Teladan (*)

SUDARLIAN SPd, MSi; DUNIA SAYA DI SMK SWASTA TELADAN

Sudarlian Spd, MSi Kepala Sekolah SMK (ist/suarasiantar.com)

Selain cerita unik tentang Manurung “Par Cengkeh” yang berhasil membangun SMK Swasta Teladan, kisah kepala SMK Teladan, Sudarlian SPd, MSi juga tak kalah menarik “Saya adalah mantan siswa Bapak Drs M Manurung di SMK Negeri I (dulu SMEA Negeri) Kota Pematangsiantar,  Karena orang tua hanya buruh kebon di PTPN Bah Birung Ulu, saya hampir putus sekolah dan kembali sekolah karena mendapat dorongan dari orantua,” Kata Sudarlian.

Meski semasa sekolah harus berjalan kaki, karena tinggal jauh bersama keluarga, dia berhasil menjadi juara umum dan memperoleh beasiswa Su-persemar. Tamat SMK tahun 1985 langsung diterima sebagai pegawai Tata Usaha di SMK Swasta Teladan dan bisa kuliah mendapat gelar SPd. dari FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Kemudian melanjutkan S2 di Unimed dan lulus tahun 2010.

Siswa kelas XII SMK Swasta teladan setiap tahunnya melakukan Studi Visit factory ke Perusahan Indofood, Coca Cola, Bimoli dll. (Raen/suarasiantar.com)

Tahun 1986 dengan terpaksa meninggalkan SMK Teladan untuk mengikuti penddikan D3 calon guru di Pusat Pengembangan Penataran Guru Kejuruan (P3GK) di Ragunan Jakarta Selatan, utusan dari SMK Negen 1 Pematangsiantar program Bea Siswa.”Saya yang orang kebon dari keluarga kurang mampu tak menyangka bisa naik pesawat garuda terbang ke Jakarta,” kata Sudarlian.

Kemudian, kembali ke SMK Teladan tahun 1987 menjadi guru. Tahun 1992 ingin merubah nasib dan mencoba testing di salah satu Bank Swasta (BII) dan lulus. Tapi, belum setahun kerja di bank, memilih keluar dan kembali ke SMK Teladan menjadi guru dan sejak tahun 1989 diangkat menjadi wakil kepala sekolah. “Mungkin di SMK Teladan inilah dunia saya,” kata Sudarlian yang dua kali ikut testing PNS tetapi tidak lulus.

Alumni YP Teladan Pematangsiantar di Acara Reuni Akbar (Raen/suarasiantar.com)

Sebelum diangkat menjadi Kepala Sekolah, tahun 2002 lebih dulu mengikuti diklat Calon Kepala Sekolah ( Tal-entscouting) d P4TK Medan selama dua bulan dan lulus seta merta memperoleh sertifikat Calon Kepala Sekolah dan Tahun 2003 diangkat menjadi Kepala SMK Swasta Teladan Pematangsiantar

Tahun 2012 lolos seleksi sebagai Kepala Sekolah berprestasi tingkat Kota Pematangsiantar sekaligus mewakili Kota Pematangsiantar ke tingkat Provinsi Sumatera Utara dan berhasil meraih juara sekaligus menjadi finalis ke ajang nasional sebagai duta Sumatera Utara.

“Sebagai Kepala Sekolah, saya menerapkan managemen terbuka dan dalam menerapkan program kepada para guru selalu transparan untuk dibahas secara tim. Kemudian setiap guru berprestasi diberi reward tugas tambahan sehingga pendapatannya juga bertambah,” beber Sudarlian mengakhiri. (*)