Siswi Asal Siantar Terpilih Sebagai Pembawa Baki Bendera HUT RI ke-74 di Istana Negara

SIANTAR, suarasiantar.

Kabar gembira sekaligus membanggakan bagi warga Pematangsiantar. Bagaimana tidak? Salah seorang siswa dan putri asal Pematangsiantar, Silvya Kartika Putri, siswi SMK Kartika I-4, kelas XI, terpilih sebagai Pembawa Baki Bendera Pusaka, pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di Istana Negara, 17 Agustus 2019 nanti.

“Puji Tuhan, adik kita Silvya Kartika Putri, terpilih sebagai pembawa Baki Bendera Pusaka pada upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2019 nanti, di Istana Negara.” Hal ini disampaikan Colin Siahaan, salah seorang pembina sekaligus pelatih Paskibraka Indonesia Pematangsiantar, saat ditemui disela-sela latihan Paskibaraka di Lapangan H. Adam Malik, Kecamatan Siantar Barat, Senin (12/8/2019) sore sekira pukul 18.30 WIB.

Sylvia Kartika Putri (ist)

Colin menambahkan, Silvya merupakan putri kandung dari Prajurit Bintara TNI AD yang bertugas di Korem 022/Pantai Timur. Posisi pembawa baki pada saat penaikan ataupun penurunan bendera ditentukan beberapa jam sebelum upacara di mulai. Sedangkan terpilihnya Silvya menjadi pembawa baki bendera pusaka pada Tim Paskibraka Nasional 2019, merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi warga kota Pematangsiantar.

“Kami mengajak masyarakat Pematangsiantar untuk mendoakan dan mendukung adik kita, Silvya Kartika Putri, agar mampu melaksanakan amanah dan tanggung jawabnya sebagai pembawa baki bendera pusaka pada Tim Paskibraka Nasional 2019, dalam Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Istana Negara Jakarta nanti. Suatu Prestasi yang sangat membanggakan dan mengharumkan nama Sumatera Utara, secara khusus kota Pematangsiantar,” harap Colin dengan raut wajah senang.

Colin menjelaskan, pemilihan calon Paskibraka Nasional diawali melalui tahapan seleksi di tingkat kota, dimana sejak Februari 2019 yang lalu, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar, melalui Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik),  Drs. Edi Noah Saragih, mengirimkan surat kepada seluruh kepala sekolah tingkat SMA, SMK, Madrasah sederajat,  untuk mengirimkan lima siswa/siswi-nya mengikuti seleksi bakal calon Paskibraka Indonesia.

Selanjutnya, sebanyak 500 siswa/siswi dari sekitar 25 sekolah itu diseleksi oleh Purna Paskibraka Indonesia Pematangsiantar, dibawah naungan Dinas Pendidikan, dan di bawah pengawasan sipil, TNI dan Polri. Setelah melalui dua minggu proses tahapan seleksi, terpilih 60 orang siswa/siswi, meliputi 32 orang siswa dan 28 orang siswi. Pada Maret 2019, ke 60 siswa/siswi itu mengikuti Orientasi di Taman Eden 100, Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), selama seminggu. Kemudian juga mengikuti latihan rutin di Lapangan H. Adam Malik dan Lapangan SMA Taman Asuhan Pematangsiantar.

Dari hasil orientasi tersebut, empat orang siswa dan siswi dikirimkan untuk mengikuti seleksi Calon Paskibraka Indonesia Provinsi Sumatera Utara dan Nasional 2019. Sebagai hasil seleksi, satu orang siswi, yakni Silvya Kartika Putri, asal Pematangsiantar, terpilih menjadi Calon Paskibraka Nasional 2019, mewakili Provinsi Sumatera Utara, dan satu orang siswa, Andre Purba, siswa kelas XI SMA Kalam Kudus Pematangsiantar, menjadi Calon Paskibraka tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Pada 24 Juni 2019 yang lalu, Silvya diberangkatkan untuk mengikuti Pendidikan dan Latihan (diklat) Paskibraka di Cibubur, Bogor, sebagai Calon Paskibraka Nasional 2019. Selain Silvya, turut terpilih Robin Laurensius Sitanggang, pelajar asal SMAN 1 Plus Matauli Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), sebagai Calon Paskibraka Nasional, mewakili provinsi Sumatera Utara. Sampai akhirnya dari hasil seleksi ketat selama latihan, Silvya terpilih sebagai Calon Pembawa Baki Bendera Pusaka.

“Selain Silvya Kartika Putri, Andre Purba juga terpilih dalam Tim Paskibraka Indonesia Provinsi Sumatera Utara, dengan posisi Pengibar Bendera. Semoga kedua adik kita itu sukses melaksanakan amanah dan tanggung jawab dalam Tim Paskibraka, pada Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74, pada 17 Agustus 2019 nanti,” pungkas Colin Siahaan. (fred/SS)

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

News Feed