SEKILAS KEGIATAN FKPPI SIANTAR

FKPPI Kota Siantar Gaul dan Berbaur 

PC 0216 FKPPI Aktif melakukan kerja sama dengan PEMKO Siantar dalam penanaman pohon (Raen/suarasiantar.com)

Di Kota Pematangsiantar FKPPI (Forum Komunikasi Putra – Putri Purnawirawan dan Putra – Putri TNI/ POLRI) terus berkembang, Pada priode 2017 – 2021 dengan Ketua PC 0216 FKPPI, Herowhin TF Sinaga AP MSi dan Sekjen Thomas SMT Situmorang eksis dengan berbagai kegiatan internal dan eksternal dalam merangkul masyarakat sebagai sasaran utama untuk berbaur.

Kegiatan internal, dilakukan berbagai pelantikan, pengukuhan dan hari jadi FKPPI. Kemudian, menghadiri undangan kegiatan dari Korem 122 PT dan Kodim serta ikut menjadi peserta Munas FKPPI Medan, Apel Akbar FKPPI se Sumut, di Labura Pelantikan seluruh Pengurus Cabang KB FKPPI Sumut  dan Termasuk mengikuti kegiatan pembukaan/ penutupan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) di Stabat dan Tanjung Balai.

Keluarga Besar FKPPI berphoto bersama Ketua PC 0216 FKPPI Herowhin TF Sinaga AP MSi usai melakukan aksi bersih-bersih di Makam Pahlawan Pematangsiantar (Raen/suarasiantar.com)

Sedangkan kegiatan eksternal menggelar sejumlah kegiatan bakti sosial. Antara lain ziarah dan membersihkan Taman Makam Pahlawan. Berbagi sembako, Donor darah maupun menghadiri berbagai undangan bahkti sosial yang digelar Korem, Kodim dan Pemko Kota Siantar serta elemen lainnya.

Selain itu, ada beberapa catatan penting di antaranya FKPPI mendukung kegiatan olahraga dan pendidikan serta kegiatan ormas. Lebih dari itu, mencetak prestasi dalam mengikuti pertandingan olahraga beladiri binaan FKPPI Kota Siantar seperti Karate Tarung Derajat dan tinju. Kemudian, pernah meraih photo terbaik dengan peserta seluruh FKPPI se-Indonesia dengan judul, Satgas FKPPI “Demi Baret Merayap Kulalui” menerima anugerah photo terbaik dari KB FKPPI Pusat.

Bersama Pedagang dan TNI, KB FKPPI Siantar melakukan aksi bersih-bersih di seputaran pajak horas (suarasiantar.com)

Di bulan Ramadhan , GMP (Gerakan Mahasiswa dan Pelajar) sebagai sayap dari FKPPI melakukan kepedulian terhadap umat Islam dengan berbagi tajil atau makanan dan minuman berbuka puasa. Kemudian FKPPI juga melakukan berbuka puasa bersama masyarakat dan Halal Bi Halal.

Lebih dari itu. Herowhin TF Sinaga menilai perlu menjadikan media massa sebagai mitra sehingga pernah berkunjung ke kantor redaksi  Harian  Siantar 24 Jam di Jalan Sipirok, Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat.

Menurut HerowhinTF Sinaga, berbagai kegiatan yang dilakukan secara internal dan ekstemal adalah program FKPPI agar bisa merangkul semua pihak. Karena, FKPPI merupakan organisasi yang memang harus hadir dalam berbagai aksi kegiatan positif untuk memperkuat program internal dan memperluas kegiatan eksternal. (raen)

SEJARAH BERDIRINYA FKPPI

Salah satu karya dari photo Raen Yoesz Wakil Ketua PC 0216 FKPPI Siantar menerima anugerah photo terbaik KB FKPPI Se-Indonesia 21 September 2013 (Raen/suarasiantar.com)

Tanggal 12 September 1978 saat ulang tahun pertama PEPABRI dan WARAKAURI di Gedung Wanita Nyi Ageng Serang Kuningan Jakarta, diumumkan dan disahkan berdirinya Forum Komunikasi Putra – Putri Purnawirawan dan Putra – Putri TNI/ POLRI yang disingkat dengan (FKPPI)

Ketua Umum, Drs Surya Paloh dan Sekjen Karel S. Waas yang dikukuhkan melalui SK Pengurus Besar PEPABRI. Tahun 1995, demi mengembangkan wadah FKPPI, terjadi Musyawarah Luar Biasa (Muslub), 12 September 1995. Salah satu keputusan penting merubah nama FKPPI sebagai Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) menjadi Generasi Muda FKPPI (GM-FKPPI).

KB FKPPI Kota Siantar melakukan aksi donor darah di Sekretariat Graha Swadek PC 0216 FKPPI (Raen/suarasiantar.com)

Pada saat bersamaan dibentuk wadah baru bernama FKPPI sebagai wadah berhimpun bagi anggota FKPPI berusia 40 tahun ke atas di deklarasikan saat peringatan HUT FKPPI ke-17 tanggal 12 September 1995 di Balai Sidang Senayan Jakarta sebagai Ketua Umum pertama kali adalah, H Bambang Trihatmojo didampingi Ir Indra Bambang Utoyo sebagai Sekjend.

Walaupun kedua organisasi memiliki lambang berbeda namun hampir sama serta masing masing memiliki AD/ART. Hanya saja, platformnya yang sama dan dilahirkan dari sumber yang sama, maka diistilahkan bahwa FIKPPI,dan Generasi Muda FKPPI adalah “Dua Raga Satu Jiwa”

Kemudian, pada Musyawarah Nasional bersama, 27 sampai 29 Maret 2015 di Akademi Militer Magelang Jawa Tengah terjadi penyatuan dari dua raga satu jiwa kembali menjadi satu yaitu Ormas FKPPI dan GM FKPPI menjadi keluarga Besar yang akhirnya disebut dengan KB FKPPI (raen)

FKPPI : JAUHI NARKOBA

Herowhin TF Sinaga AP MSi Ketua PC 0216 FKPPI

Herowhin TF Sinaga AP MSi Ketua PC 0216 FKPPI mencermati tentang perkembangan zaman yang saat ini rawan dengan peredaran serta penyalahgunaan narkoba. Untuk itu, selalu ditegaskan agar keluarga besar FKPPI Kota Siantar harus menjauhi narkoba.

Dikatakan, Narkoba merupakan racun dunia terhadap manusia. Bagi yang terjerumus ke dalam dunia hitam narkoba sulit memperbaikinya kalau tidak dengan niat yang sungguh.

“Untuk menjauhi diri dari Narkoba jelas tidak lepas dari peran orang tua dan lingkungan. Sehingga. secara internal kita selalu ingatkan supaya keluarga besar FKPPI menjahui narkoba.” tegasnya

KB FKPPI Siantar usai melakukan aksi bersih-bersih di seputaran PJKA (Raen/suarasiantar.com)

Hal senada dikatakan Sri Harahap selaku Wakil ketua PC 0216 FKPPI. Narkoba harus diberantas sampai ke akar akarya. Kemudian, jangan menggunakannya apalagi menjadi kurirnya.

“Narkoba harus diberantas dengan serius. Termasuk juga Bandar harus disikat habis biar jera karena sangat berbahaya kepada generasi muda,” kata Sri Harahap.

Kemudian, Bayu Eko Damanik Pengurus  GMP FKPPI berpendapat, masyarakat khususnya generasi muda harus lebih hati hati dengan pergaulan karena pemasok narkoba itu tidak memandang muda atau tua.

“Carilah kegiatan positif agar tidak salah arah Karena, sekali saja anda tejerumus tentu sulit untuk bangkit,” katanya. (raen)

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

News Feed