Razia Patuh Toba 2019 Polres Siantar, Sejumlah Angkot Ditilang

Pematangsiantar, suarasiantar.

Dimulai sejak tanggal 29 Agustus 2019, Polres Pematangsiantar sudah menggelar operasi patuh Toba 2019. Dimana dalam operasi razia tersebut, polisi lalu-lintas bertujuan hanya untuk memberikan pemahaman guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap hukum. Seperti dalam peraturan undang-undang berlalu-lintas, pada Jumat (06/09) sekira jam 13.00 WIB.

Operasi razia tersebut digelar dalam beberapa titik sejumlah jalan utama (hunting) kota Pematangsiantar. Sedangkan razia sudah terlaksana  sudah terdapat beberapa pelanggaran yang terjaring. Dimana para personil mulai melakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan, baik angkutan penumpang beroda empat dan sepeda motor juga ditilang.

(foto:fred/SS).

Untuk itu, pemeriksaan ini pun memprioritaskan delapan sasaran pelanggaran. Diantaranya, tidak melengkapi surat surat kendaraan. Lalu menggunakan telepon seluler saat berkendara, tidak menggunakan helm, apalagi helm yang tidak bertanda SNI, pengemudi dibawah umur, pengemudi dalam pengaruh alkohol dan melawan arus. Kemudian melaju diluar batas kecepatan, tidak menggunakan seat belt atau sabuk pengaman bagi kendaraan roda empat, serta melebihi tonase dan dimensi bagi kendaraan angkutan barang.

(foto:fred/SS).

Hal itu seperti yang dikatakan Kasat Lantas Polres Pematangsiantar, AKP Septian Dwi Rianto S.I.K. sebelumnya. Selanjutnya, Kasat muda dan tampan itu juga berharap, kegiatan razia Patuh Toba 2019 ini membuat pengendara untuk selalu sadar bahwa tertib berlalu-lintas tidak mengenal waktu. Ke depannya supaya masyarakat menjadi patuh terhadap tata tertib lalu-lintas,” ucapnya.

Sementara itu, hingga sepekan pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2019 di kota Pematangsiantar ini, tercatat ratusan surat tilang telah diberikan kepada pengendara roda dua maupun roda empat yang melanggar peraturan. Pantauan awak media, tampak sejumlah pengendara sepeda motor ditilang lantaran terdapat tidak menggunakan helm.

Selain itu, tampak angkutan kota (angkot) seperti Siantar Bus dan juga PMS ikut ditilang dan dibawa ke halaman Mapolres Pematangsiantar.

Masih dengan kata Kasat, untuk mengetahui data lengkap pelanggaran lalu-lintas di kota Pematangsiantar dalam Operasi Patuh Toba 2019 yang digelar akan dipaparkan usai pelaksanaan nantinya.

“Satu hari usai Operasi Patuh Toba 2019 ini, akan kita paparkan berapa penindakan yang telah kita lakukan selama pelaksanaan. Saat ini kendaraan pengendara yang sudah kami lakukan penindakan sebanyak 293 tilang dan 51 teguran,” pungkasnya. (fred/SS).

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

News Feed