PKB Pujakesuma Siantar Utara Gelar Kegiatan Pemotongan Hewan Qurban

Pematangsiantar, suarasiantar.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Paguyuban Keluarga Besar (PKB) Pujakesuma Kecamatan Siantar Utara, dalam memperingati Idul Adha 1440 H/2019 M tahun ini, kembali mengadakan kegiatan pemotongan hewan qurban dan pembagian daging qurban. Kegiatan berlangsung pada Senin (12/08/2019), di kediaman Sekretaris Pujakesuma Siantar Utara, Sugianto SM, di Jalan Nagur Gg Manunggal Ujung, Siantar Utara.

Hewan qurban yang akan disembelih (ferry/SS)

Saat ditemui awak media di lokasi, Ketua PKB Pujakesuma Siantar Utara, H. Ramli AmK, didampingi Sekretaris, Sugianto SM., mengatakan bahwa kegiatan serupa sudah diadakan selama 6 kali berturut-turut.

Al Ustadz Jaffar Siddik, sesaat sebelum memulai pemotongan hewan qurban (ferry/SS)

“Kegiatan dilaksanakan sebagai sarana guyub (kebersamaan), dan sudah dilaksanakan sebanyak 6 kali di Kecamatan Siantar Utara. Kegiatan ini bertujuan bukan hanya untuk sekedar guyub, namun meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, sehingga dapat menjadi keluarga yang rukun sesuai dengan khaidah Islami, secara khusus di dalam tubuh anggota Pujakesuma Kecamatan Siantar Utara,” disampaikan H. Ramli.

Panitia qurban PKB Pujakesuma Siantar Utara, saat mempersiapkan daging qurban setelah disembelih (ferry/SS)

Mengenai jumlah anggota, H. Ramli mengatakan,”Untuk saat ini, anggota yang sudah terdata sekitar 120 kepala keluarga, dimana anggota ini berasal dari kelompok arisan kecamatan yang sudah dibentuk. Namun, untuk ranting (kelurahan), masih banyak anggota yang belum terdata, dikarenakan belum dibentuknya pengurus ranting serta kelompok arisannya.”

Ketua PKB Pujakesuma Siantar Utara, H. Ramli AmK, beserta Sekretaris, Sugianto SM, sesaat sebelum pembagian daging qurban (ferry/SS)

Sementara pada Idul Adha 1440/2019 M tahun ini, PKB Pujakesuma Siantar Utara menyembelih 3 ekor lembu, dimana dana yang didapat berasal dari urunan (sumbangan) serta iuran wajib anggota arisan. Untuk penerima daging qurban ini sendiri adalah peserta qurban, dalam hal ini termasuk seluruh anggota arisan, serta warga yang tinggal di sekitar lokasi penyembelihan hewan qurban.

Penyerahan daging qurban secara simbolis oleh Ketua PKB Pujakesuma Siantar Utara, H. Ramli, AmK, didampingi Ivo S, dari DPD PKB Pujakesuma Kota Pematangsiantar, kepada anggota (ferry/SS)

Untuk proses penyembelihan hewan qurban, dimulai dari kedatangan hewan yang akan disembelih tadi malam (Minggu, 11/08/2019), dilanjutkan dengan penyembelihan yang dilaksanakan mulai tadi pagi (Senin, 12/08/2019), sekira pukul 08.30 WIB. Penyembelihan hewan qurban langsung diawali oleh Al Ustadz Jaffar Siddik, untuk selanjutnya diserahkan kepada panitia qurban.

Penyerahan daging qurban oleh ketua GM PKB Pujakesuma Siantar Utara, Suwanto (ferry/SS)

Harapan ke depannya, seperti disampaikan Ketua PKB Pujakesuma Siantar Utara, diantaranya,”Pujakesuma Siantar Utara akan kita guyubkan dari mulai kecamatan sampai dengan ranting-rantingnya, serta diberikan pembekalan keimanan dalam setiap pertemuan arisan yang sudah dibentuk, sehingga  keguyuban itu bukan hanya sekedar guyub, tapi benar-benar menjadi guyub silaturahmi yang kuat dan Islami, dan dapat menjadi suatu keguyuban yang jalannya sesuai dengan khaidah Islami.”

Antusiasme Ibu-ibu anggota PKB Pujakesuma Siantar Utara pada kegiatan pemotongan hewan qurban, bersama Ketua dan Sekretaris PKB Pujakesuma Siantar Utara (ferry/SS)

“Kiranya Paguyuban Pujakesuma Siantar Utara untuk ke depannya dapat semakin bersatu dan semakin meningkat lagi. Dimana pada saat ini, untuk kota Pematangsiantar sendiri, sudah ada beberapa kecamatan yang terbentuk, namun dengan adanya kegiatan seperti yang diadakan di Kecamatan Siantar Utara ini nantinya dapat diikuti oleh kecamatan-kecamatan lainnya yang ada di Kota Pematangsiantar, untuk dapat menopang  kegiatan selanjutnya di PKB Pujakesuma DPD Pematangsiantar,” demikian harapan H.Ramli disampaikan kepada awak media Suarasiantar.

Perwakilan DPD PKB Pujakesuma Pematangsiantar, Ivo S, dan reporter suarasiantar, mengapit ketua dan sekretaris PKB Pujakesuma Siantar Utara (ferry/SS)

Pada pelaksanaan kegiatan kali ini, PKB Pujakesuma Siantar Utara turut didampingi oleh Generasi Muda (GM) Pujakesuma. Untuk GM Pujakesuma Siantar Utara ini sendiri ketuai oleh Suwanto, dimana tugas dan fungsi dari GM Pujakesuma ini adalah sebagai “garda pengawal” dan pendamping pada setiap kegiatan yang diadakan oleh PKB Pujakesuma Siantar Utara, baik untuk pengamanan maupun kelengkapan yang dibutuhkan. (ferry/SS).

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

News Feed