Penekanan Tombol dan Pelepasan Balon Launching Pilkada Tahun 2020 di Kota Siantar

Pematangsiantar, suarasiantar.com | Penekanan tombol dan pelepasan balon  ke udara ymenandakan Launching Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 di Kota Siantar hari Sabtu (23/11/2019) siang sekira pukul 14.00 Wib.

Acara launching di Balai Bolon Lapangan H. Adam Malik Kota Siantar dirangkai dengan pengurus PMS Kota Siantar memakaikan seperangkat pakaian adat simalungun kepada Komisioner KPU RI Ilham Syahputra, Bawaslu RI Friz Siregar, Komisioner KPU Sumut Herdensi Adnin dan Batara Manurung.

Kemudian dilanjutkan memperkenalkan Maskot logo Pilkada 2020 yang di desaign Gorga yang menjadi pemenang perlombaan desaign sekaligus menyerahkan hadiah kepada tiga orang pemenang, penyerahan sertifikat penghargaan kepada delapan PPK Kecamatan sebagai panitia adhock dan pelepasan balon  ke udara.

Ketua KPUD Siantar, Daniel Dolok Sibarani mengatakan sejak bulan Maret 2019 lalu pihaknya telah menerima surat dari KPU RI, yang menyebutkan Kota Siantar ikut dalam Pilkada Tahun 2020 dan menjadi perdebatan menyangkut akhir masa jabatan Wali Kota yang mengalami pengunduran karena di pilkada sebelumnya.

Lalu sempat keluar surat dari Kemendagri bahwa Siantar ikut di Pilkada di 2024 lalu dikoordinasikan keluar surat bahwa Kota Siantar ikut di Pilkada 2020. Oleh karena itu acara launching ini sengaja digelar untuk menegaskan bahwa Kota Siantar akan melaksanakan Pilkada tahun 2020 sesuai amanat UU No.10 Tahun 2016

Pilkada Siantar selalu memiliki catatan unik atau menarik, dimana pernah menjadi calon terbanyak dari 10 Pilkada yang terlaksana dan pernah mengalami penundaan paling lama dari seluruh Pilkada di Indonesia.

“Terimakaih kepada Komisioner KPU RI, Bawaslu RI dan Komisioner KPU Sumut yang telah hadir dalam launching ini. Kiranya pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 nantinya terlaksana dengan baik dan lancar,”ujar Daniel.

Sementara itu, Komisioner KPU RI Ilham Sahputra mengatakan, Pilkada Siantar tahun 2020 merupakan amanat UU Nomor 1 Tahun 2015 yang direvisi menjadi UU Nomor 8 Tahun 2015 dan UU Nomor 10 Tahun 2016.

“Terima kasih kepada Pemko Siantar, yang telah memberikan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sebesar Rp21 miliar untuk Pilkada 2020,”kata Ilham.

Salah satu komisioner Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar dengan singkat mengatakan baru di Kota Siantar launching dihadiri KPU dan Bawaslu seluruh Kabupaten/Kota se Sumut yang menunjukkan semangat kita bersama dalam menyongsong Pilkada tahun 2020.

Wakil Wali Kota, Togar Sitorus mengatakan, launching ini sengaja digelar untuk memberitahukan kepada seluruh warga Siantar mengenai dimulainya tahapan Pilkada 2020 kemudian memberitahukan KPU telah siap melaksanakan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar tahun 2020.

“Mari lah kita bergandeng tangan guna menyukseskan acara besar ini dengan menjaga kondusivitas, menjaga keamanan, menjaga kenetralan, menjaga privasi, serta menghargai hak pada setiap pemilih,”katanya.

Tidak itu saja, Togar juga mengajak masyarakat Siantar untuk menggunakan hak pilih sebagai warga negara. “jangan ragu untuk menggunakan hak pilih anda. Menjadi pemilih yang sportif, bijaksana dan tidak mudah dipengaruhi,”ujarnya.

Hadir launching itu Kapolres Siantar AKBP Budi Pardamean Saragih SIK, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan, SAP, MPM dan Ketua Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kota Siantar dan lainnya. (fred/SS)

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

News Feed