Olah Kembali Sisa Hidangan Lebaran, Begini Caranya

Siantar, suarasiantar.com – Lebaran identik dengan aneka makanan yang berlimpah. Saking banyaknya, seringkali kita sampai tak masak berhari-hari, dan terus menghangatkan menu yang sama.

Tapi, setelah beberapa hari, tentu kita akan merasa bosan mengkonsumsi menu yang itu lagi itu lagi. Terlebih, untuk beberapa makanan, meski tak basi, mungkin sudah tak enak dikonsumsi. Misalnya daging opor yang sudah habis kuahnya, atau daging rendang yang membeku karena kelamaan ditaruh di kulkas.

Untuk para ibu, hidangan tersebut jangan dibuang! Daging, ayam panggang, nasi, roti, bahkan potongan sayuran yang tidak terolah atau termakan, ditambah dengan sedikit kreativitas, bisa diolah kembali menjadi makanan baru yang sehat dan enak.

Tak hanya menghemat waktu dan uang, cara ini juga dapat mengurangi limbah atau sampah makanan. Berikut beberapa cara kreatif dalam mengolah kembali makanan sisa.

1. Daging ayam sisa opor dan tulang ayam bisa Anda olah kembali menjadi sup. Agar tak terasa bumbu opornya, Anda bisa rendam dulu beberapa saat daging ayam sisa opor di air panas. Tambahkan sayuran untuk membuatnya menjadi lebih bernutrisi.

Sup Ayam (ist/red)

2. Kue bolu sisa hantaran Lebaran yang tak termakan mungkin sudah mengeras di kulkas. Anda bisa memotong-motongnya, mencampurkanya dengan susu dan bubuk agar-agar, dan jadilah puding.

Puding roti tawar (ist/red).

3. Nasi sisa yang hampir kering di magic jar bisa diolah kembali menjadi nasi goreng. Anda tinggal menambahkan aneka isian seperti telur, baso, daging ayam, seafood, dan aneka sayuran.

Nasi goreng (ist/red).

4. Sisa sayuran bisa Anda manfaatkan sebagai topping pizza buatan sediri. Adonan pizza bisa Anda peroleh dengan mudah di supermarket, atau bisa juga menggunakan roti tawar sebagai ganti roti pizza. Tambahkan keju di atasnya, panggang menggunakan pan anti lengket, maka jadilah pizza sehat yang murah meriah.

Pizza teflon rumahan (ist/red).

Bagaimana, tentu tertarik bukan? Selamat mencoba! (ivo/SS).

 

Editor : Maris.

Facebook Comments

News Feed