Obyek Wisata Liang ni Hormin di Simalungun

by -30 views
Air Terjun di dalam Liang ni Hormin (gua orang bunian) foto:lom

Objek wisata Liang ni Hormin (gua orang bunian), terletak di Harangan Sokkur, Nagori Durian Banggal, Kecamatan Raya Kahean, Kabupaten Simalungun. Berjarak 8 kilometer dari Sindar Raya, ibukota kecamatan, dan kurang lebih 40 kilometer dari kota Pematangsiantar.

Menurut sumber dari Organisasi Jejak Simalungun, Riando Sigaringging, yang bergerak di bidang peninggalan sejarah dan budaya Simalungun, di lokasi tersebut terdapat air terjun Bah Bapil dengan ketinggian kurang lebih 16 meter yang diapit oleh 3 gua, di mana salah 1 gua terletak di pinggir sungai.

Air Terjun Bah Kapil. (foto:lom)

Riando menuturkan ada sedikit keanehan di gua tersebut yaitu mengenai susunan anak tangga. Susunan anak tangganya terbalik dan biasa dipergunakan oleh “mahluk bunian”.

Masih berdasarkan penuturan Riando Garingging, obyek wisata tersebut sangat indah dan menarik dengan keasrian dan kesejukan alamnya. Namun sangat disayangkan, akses jalan menuju lokasi belum memadai serta fasilitas umum yang sangat minim, sehingga kurang diminati oleh pengunjung lokal maupun dari luar kota.(lom/red)