HIMAPSI Desak DPRD Segera Makzulkan Walikota Siantar Hefriansyah

Siantar,suarasiantar.com |
HIMAPSI (Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun) kembali mendesak DPRD Kota Pematangsiantar agar segera memakzulkan Walikota Pematangsiantar Hefriansyah.

Desakan tersebut di sampaikan Kordinator Aksi Dedi Wibowo Damanik saat menggelar unjuk rasa di halaman DPRD Kota Pematangsiantar,Rabu (19/02) sekitar pukul 10.00 Wib

Kedatangan massa HIMAPSI tersebut bersamaan dengan gelar acara Penyelidikan oleh Panitia Hak Angket DPDRD Kota Pematangsiantar kepada Walikota Pematangsiantar Hefriansyah.

Lebih lanjut dalam orasinya,Dedi menuturkan adanya kebijakan Walikota Pematangsiantar Hefriansyah yang dianggap bertindak diskriminatif atau melakukan penistaan kepada Etnis Simalungun seperti pada tahun 2018.

“Penistaan berlanjut pada pembatalan pembangunan tugu Sangnawaluh”, Ucapnya

HIMAPSI juga menyebut pelestarian budaya loka seperti yang tercantum pada Peraturan Menteri Pendidik dan Kebudayaan Nomor 45 tahun 2018 dibawaha kepempimpinan Walikota Pematangsiantar Hefriansyah dinilai Gagal.

“Kami menilai bahwa Walikota ingin menghapuskan Kebudayaan Daerah Simalungun di kota Siantar.Adat Budaya Simalungun adalah yang pertama kali di Kota Pematangsiantar,”Kata Dedi

Aksi unjuk rasa HIMAPSI kemudian diterima oleh Panitia Hak Angket.Dihadapan Panitia,HIMAPSI kembali menegaskan dukungannya atas proses Hak Angket yang sedang berjalan.

Selain itu,HIMAPSI juga meminta agar Panitia Hak Angket serius dan konsisten dalam melakukan penyelamatan terhadap Walikota Pematangsiantar Hefriansyah. (SS02/suarasiantar)

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

News Feed