Dibuka Kasdam I/BB, Danrem 022/PT Hadiri Upacara Pembukaan Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka

Pematangsiantar, suarasiantar.com | Komandan Korem 022/Pantai Timur Kolonel Inf R. Wahyu Sugiarto, S.I.P., M. Han, turut serta menghadiri Upacara Pembukaan Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Tahun 2019 yang dibuka secara resmi oleh Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto di Rindam I/Bukit Barisan, Senin (18/11).

Pada sambutan Pangdam I/BB yang dibacakan Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto menyampaikan, semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman tentang pembinaan ke-Pramuka-an Saka Wira Kartika saja, tetapi juga menjadi wahana silaturahmi yang mampu meningkatkan semangat kebersamaan guna memantapkan semangat pengabdian dalam membina generasi muda bangsa indonesia yang cerdas, disiplin, berakhlak mulia dan berkarakter.

Foto : joe/SS.

“Saya mengucapkan terima kasih yang tulus kepada panitia penyelenggara yang telah merencanakan dan menyiapkan pelaksanaan kegiatan pada pagi hari ini. Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada kwartir daerah gerakan pramuka, ketua kwarda Sumut beserta jajarannya, atas segala dukungan dan bantuan yang diberikan, sehingga kegiatan kursus ini dapat terlaksana dengan baik,” ucap Kasdam.

Adapun kegiatan kursus ini mengambil tema : “TNI AD Melalui Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah Membentuk Kader Pembina Pramuka Mahir Dasar Saka Wira Kartika Yang Handal Dan Profesional”. Tema ini dilandasi kesamaan pandangan dan persepsi antara dua institusi yakni Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Saka Wira Kartika, tentang pentingnya membentuk kader pembina pramuka dalam rangka membentuk karakter generasi muda sebagai pemegang tongkat estafet kepemimpinan di masa depan, demikian ditegas Kasdam.

Foto : joe/SS.

Lebih lanjut Kasdam berharap agar seluruh majelis pembimbing daerah Saka Wira Kartika serta ketua pimpinan Saka Wira Kartika, baik di tingkat daerah maupun cabang, senantiasa bersinergi dengan kwartir-kwartir di wilayahnya masing-masing, dalam rangka pembinaan gerakan pramuka. Hal ini sangat penting dilakukan, agar ada keterpaduan dalam mengembangkan kualitas generasi muda di wilayah masing-masing, serta dapat memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara efektif dan efisien, untuk suatu tujuan yaitu mendorong dan membentuk generasi muda yang handal dan profesional.

Foto : joe/SS.

Pada akhir sambutan-nya, Kasdam menghimbau dan ditekankan kembali kepada seluruh peserta kursus, “Agar peserta kursus dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya, menggali ilmu sebanyak-banyaknya, karena dipundak saudara-saudara akan dituntut tanggung-jawab yang besar sebagai pembina Saka Wira Kartika di wilayah masing-masing. Dengan harapan akan dapat menyampaikan ilmu yang didapat selama kursus di satuan masing-masing. Kalian adalah kader-kader pembina Pramuka dimana pun kalian berada, yang dituntut harus mampu mengembangkan Pramuka Saka Wira Kartika.”

Foto : joe/SS.

“Manfaatkan gerakan pramuka, khususnya saka wira kartika untuk dapat menyebarluaskan pendidikan bela negara kepada seluruh komponen masyarakat, sehingga timbul kesadaran bersama sebagai warga negara, agar senantiasa memiliki semangat dan kemampuan bela negara yang dijiwai oleh nilai dan semangat kebangsaan,” himbau Kasdam.

Foto : joe/SS.

Turut serta dihadiri oleh, Danrem 022/PT Kolonel Inf R. Wahyu Sugiarto, S.IP.,M.Han, Danrindam I/BB Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P. Aster Kasdam I/BB, Katopdam, Kajasdam, Walikota P. Siantar, Kajari Siantar dan Perwakilan Kwarda Kabupaten, Waka Polres Pematangsiantar, Ka Kwarcab Simalungun, KaKwarcab Pematangsiantar, Waas Intel Kasdam I/BB, Waas Ops Kasdam I/BB, Waas Ter Kasdam I/BB, Waas Pers Kasdam I/BB, Kabintaldam I/BB, Dandenpom Pematangsiantar, Dandenpaldam l/BB, Dandenkesya Pematangsiantar. (Joe)

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

News Feed