Bioskop Kenangan Tersisa Warga Siantar

Siantar, suarasiantar.com – Masa lalu tidak selalu menyedihkan seperti mantan. Masa lalu bisa juga berarti kejayaan. Seperti di Kota Pematangsiantar, banyak hal menunjukkan kejayaan dimasa lalu.

Bioskop misalnya. Kota Pematangsiantar tentunya punya cerita sendiri tentang asyiknya menonton bioskop. Tentu warga Kota pematangsiantar masih mengingat banyak lokasi bioskop yang pada zamannya selalu ramai penonton yang datang tidak hanya warga Kota Pematangsiantar namun juga datang dari wilayah Kabupaten Simalungun.

Salah satu sisi Gedung Bioskop Ria Pematangsiantar yang sudah tidak terawat lagi (joe/SS)

Sebut saja, bioskop Ria, Riang, Rajawali, Palapa, bioskop Deli dan lainnya. Pada tahun 1955 hingga awal tahun 2000-an mengalami kejayaannya.

Fenomena pembelian karcis dan antrean panjang untuk masuk dalam pintu bioskop menjadi hal yang indah sekaligus menjadi tantangan tersendiri.

R Warisman (60), salah seorang mantan pekerja di Gedung Bioskop Ria Theater bercerita kisah kejayaan bioskop dan perfiliman di Kota Pematangsiantar kala itu.

Model karcis penonton di Bioskop Riang (Riang Theatre) (joe/SS)

“Saya ingat dulu masyarakat sangat menyukai Matine film-film India yang kami putar setiap hari minggu. Penontonnya sangat ramai,” ucapnya sambil tersenyum mengingat ingat kembali romantisnya masa lalu.

Namun dibawah tahun 2005, penonton film bioskop sudah berkurang seiring kemunculan VCD dan Parabola hingga akhirnya tutup, lanjutnya.

Tentunya, nostalgia jaman dahulu di bioskop menjadi cerita menarik tersendiri yang tidak bisa dibandingkan dengan masa kini. Bahkan banyak pula kisah percintaan terikat dari bioskop. (Joe/SS)

 

Editor : Maris.

Facebook Comments

News Feed