Bila Videotron Iklan Rokok Tak Dibongkar, SALING Siantar-Simalungun Akan Gelar Aksi Unjuk Rasa

Pematangsiantar, suarasiantar.

Pembangunan Videotron Megatron berisi iklan produk rokok di samping gerbang gedung pusat perbelanjaan Ramayana, Jalan Sutomo Simpang Jalan Pantoan, Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Siantar Timur, Pematangsiantar, ternyata diprotes pengurus Sahabat Lingkungan (SALING) Siantar-Simalungun.

Niko Sinaga, Ketua Sahabat Lingkungan (Saling) Siantar-Simalungun (fred/ist).

“Kami tidak setuju dan juga mendesak Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar, supaya membongkar videotron megatron iklan produk rokok di samping gerbang Ramayana itu,” diucapkan Koordinator SALING Siantar-Simalungun, Niko Sinaga, saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp (WA) telepon selulernya, pada Jumat (30/08) sore kemarin.

Niko menjelaskan, jika bicara mengenai videotron, konten maupun isi daripada videotron itu yang menjadi masalah, ketika videotron itu tidak sesuai dengan tempat berdirinya atau lokasi pembangunannya.  Selain itu, bicara videotron dengan konten merek salah satu rokok, sangat jelas orientasi profit atau bagian dari pemasaran rokok itu sendiri, sehingga menarik perhatian masyarakat menjadi penasaran dengan merek rokok tersebut.

Namun yang menjadi masalah, lokasi videotron itu berada dekat dengan lingkungan pendidikan, seperti SMA Negeri 4 dan SD Negeri, sebab akan berpotensi mempengaruhi kalangan anak-anak pelajar,  baik SD atau remaja di bawah usia dewasa, dengan iklan rokok tersebut.

“Tidak itu saja, penayangan iklan rokok itu jelas sangatlah berbahaya, karena penayangan iklan rokok tersebut akan menjerumuskan anak-anak menjadi perokok aktif. Artinya, penayangan videotron iklan produk rokok tersebut sangat berdampak bagi tumbuh kembangnya anak-anak, terutama kalangan pelajar sekolah, sebagai generasi yang masih tergolong dini,” ujar Niko.

Ditegaskan Niko, bukti penolakan pembangunan videotron iklan rokok tersebut, organisasi SALING Siantar-Simalungun, akan menyurati Wali Kota Pematangsiantar, dengan tembusan dinas terkait, supaya mendesak membongkar videotron iklan rokok di samping Ramayana tersebut. Kemudian bila surat tersebut diabaikan dengan tetap membiarkan pembangunan videotron tersebut, maka massa SALING Siantar-Simalungun akan menggelar aksi unjuk rasa atau demonstrasi.

“Kami akan surati Wali Kota Pematangsiantar, untuk mendesak membongkar videotron iklan rokok tersebut, dan bila tetap nekat membiarkan videotron itu berdiri atau terbangun, maka kami akan aksi melakukan aksi unjuk rasa tau demonstrasi, serta mendesak supaya dilakukan pembongkaran videotron iklan rokok tersebut,” tegas Niko Sinaga mengakhiri. (fred/SS).

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

News Feed