Berikut Catatan Kasus Narkoba Polres Pematangsiantar Selama Bulan November 2019

Pematangsiantar, suarasiantar.com | Selama bulan November 2019 kemarin, Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Pematangsiantar, di bawah kepemimpinan Kepala Satuan Reserse (Kasatres) Narkoba, AKP David Sinaga, SH, MSi., berhasil menggagalkan peredaran narkotika sebanyak sekitar 30,09 gram jenis sabu, 17.721,47 gram jenis ganja dan 9,74 gram jenis pil ekstasi.

Hal ini disampaikan Kapolres Pematangsiantar, AKBP Budi Pardamean Saragih SIK, MH., didampingi Kasatres Narkoba, AKP David Sinaga dan Kasubbag Humas IPTU Rusdi Ahya, dalam press release kepada wartawan unit Polres Pematangsiantar, di depan ruangan Satres Narkoba, hari Rabu (4/12) siang.

Kapolres menjelaskan, barang bukti lainnya yang disita berupa uang hasil penjualan narkoba, ponsel dan peralatan penyalah-gunaan narkoba, timbangan dan lainnya. Seluruh barang bukti tersebut merupakan hasil pengungkapan sebanyak 11 kasus dengan jumlah tersangka 17 orang.

Dimana dari 17 orang tersangka tersebut, 14 orang tersangka laki-laki dewasa, 1 orang wanita dewasa dan 2 orang anak-anak yang diamankan hampir di seluruh wilayah Kota Pematangsiantar. “Para tersangka tersebut ada berstatus bandar, tetapi jumlah barang bukti narkoba-nya masih standar. Kemudian pengedar dan pemakai. Diantara para tersangka tersebut, ada juga beberapa orang yang berstatus residivis,” jelas Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menambahkan, para tersangka tersebut akan diproses sesuai Pasal 114 dan Pasal 112 UU Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. Khusus kedua anak yang ditangkap, masih berstatus pelajar yang duduk di bangku sekolah kelas II SMA, sehingga penerapan pasal yang dipersangkakan tidak seperti tersangka lainnya, tetapi berdasarkan putusan majelis hakim pengadilan nantinya.

“Hasil selama bulan November 2019 ini, bukti kita komitmen selalu memberantas peredaran dan penyalah-gunaan narkotika di wilayah Kota Pematangsiantar. Kita harapkan ke depannya tidak ada lagi anak-anak yang ditangkap,” demikian harapan Kapolres Pematangsiantar, AKBP Budi Pardamean Saragih, SIK, MH., mengakhiri, sembari diamini Kasatres Narkoba, AKP David Sinaga, SH, MSI. (fred/suarasiantar.com).

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

News Feed