Bawaslu Kota Siantar Buka Pendaftaran Panwascam

Pematangsiantar, suarasiantar.com | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pematangsiantar, membuka pendaftaran bagi calon Pengawas Kecamatan (Panwascam). Hal ini diucapkan Ketua Bawaslu Kota Pematangsiantar, Syafi’i Siregar, dalam konfrensi pers-nya dengan wartawan di kantornya, hari Kamis (28/11) siang.

Syaffi’i menjelaskan, Bawaslu Pematangsiantar membuka pendaftaran mulai tanggal 27 November 2019 hingga 3 Desember 2019 dengan menggelar berbagai tahapan seleksi untuk menjaring 24 Panwascam yang tersebar di delapan kecamatan di Kota Pematangsiantar, kemudian telah membentuk panitia kerja selama proses penjaringan yang hingga saat ini sudah ada 17 orang yang telah mendaftarkan diri.

“Kita akan merekrut 24 Panwascam. Setiap kecamatan terdapat tiga orang Panwascam. Bagi calon Panwascam dapat mengunduh formulir di website atau pun datang langsung ke Kantor Bawaslu,” ujarnya.

Lebih lanjut Syafi’i menambahkan, Panwascam akan bekerja selama 11 bulan. Panitia kerja akan menyampaikan persyaratan yang harus dipatuhi para calon. Syarat yang ditetapkan yakni calon berusia minimal 25 tahun, memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), memiliki kemampuan, tidak anggota partai olitik, tidak pernah menjadi tim sukses, melampirkan surat bebas narkotika serta surat pernyataan cuti dari PNS selama menjadi Panwascam.

“Setiap berkas calon akan kami teliti dan akan diperiksa. Kita akan melakukan perpanjangan pendaftaran bila masih sedikit pendaftar. Adapun tanggal perpanjangan pendaftaran mulai tanggal 6 sampai 10 Desember 2019,” katanya.

Syafi’i menjelaskan, untuk pengumuman administrasi pada 12 Desember, seleksi Sistem Computer Asissted Test (CAT), tes wawancara, dan pengumuman calon terpilih pada 18 Desember. Sementara pelantikan akan berlangsung pada 22 atau 23 Desember 2019. Seleksi ini akan dipantau oleh Bawaslu Provinsi. Ia mengatakan untuk soal CAT akan datang dari provinsi langsung.

“Tugas dari Panwascam ini mengawasi semua tahapan yang ada di 8 kecamatan. Pemutakhiran data pemilih, pelaksanaan kampanye, hingga penyampaian surat suara dari TPS ke PPK. Panwascam juga menerima laporan dugaan pelanggaran,” pungkasnya.

Safi’i Siregar menambahkan, bagi pendaftar seteleh selesai tes, diminta bagi pendaftar agar membawakan surat bebas narkoba. “Tujuan kita agar Panwascam itu bebas dari yang namanya narkoba. Surat tersebut dibawa pada saat wawancara,” ujar Syaffii mengakhiri. (fred/SS).

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

News Feed